Camat Murhum Perintahkan Jaga Kebersihan di Areal Benteng Keraton Buton

Camat Murhum Asrul, SH meminta warga Kecamatan Murhum terutama di sekitar areal benteng Keraton Buton yang merupakan benteng terpanjang di dunia untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Hal ini disampaikan Asrul usai melakukan patroli bersama Plt Lurah Melai Ade Kurniawan, Babinsa, Babinkatibmas, Ketua TP PKK Kecamatan Murhum, Ketua-Ketua RT dan RW se Kelurahan Melai Sabtu malam (25/11/2023).

Menurut Asrul, Pemkot Baubau beberapa waktu lalu sudah diumumkan mendapatkan piagam penghargaan Kota Sehat untuk yang keempat kalinya (quatrik) sehingga hal ini harus terus dipertahankan dengan selalu menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

 Apalagi, sudah arahan PJ Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si agar setiap Kecamatan dan Kelurahan untuk selalu menjaga kebersihan  wilayah masing-masing. 

Dikatakan, salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menciptakan lingkungan yang bersih salah satunya dengan melaksanakan kerja bakti atau gotong-royong membersihkan lingkungan, serta membuang sampah pada tempatnya yang juga selalu di lakukan oleh Pemerintah Kecamatan Murhum dan jajarannya yakni setiap hari Jumat.

“Dengan begitu Insya Allah  saya optimis kita mampu mempertahankan penghargaan kebersihan kota sehat dan meraih swasti saba untuk yang kelima kalinya pada tahun 2024 mendatang,” kata Asrul.

Selain itu, dirinya juga meminta lurah, RT dan RW setempat agar lebih aktif untuk menghimbau warganya untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Lurah, RT dan RW merupakan ujung tombak akses ke masyarakat. Oleh sebab itu Lurah, RT dan RW harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar selalu berperan aktif dalam menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

 Selain itu kesehatan wargapun akan terjamin dan terhindar dari berbagai penyakit,” pungkasnya.