Pemkot Baubau Sosialisasikan Penataan Pantai Kamali.

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan melakukan penataan seputar Kawasan pantai kamali pada tahun 2024. Namun, sebelum melakukan penataan, Pemkot Baubau terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang tinggal di Kawasan kolam  lingkungan pantai kamali Kelurahan Wale Kecamatan Wolio.


Kasatpol PP Kota Baubau Drs La Ode Muh Takdir, M.Si dalam press releasenya Kamis (30/11/2023) mengatakan, dalam hal pembangunan penataan pantai kamali, Pemkot Baubau telah dua kali melakukan sosialisasi kepada warga yang tinggal di seputaran kolam. Dan pada sosialisasi yang kedua Kamis (30/11/2023) tim Pemkot Baubau turut melibatkan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Baubau Muhammad Yusran Achmad.ST.M.Sc, Kabid Trantibun Halil SH, Camat Wolio Drs  Masuri MPd, Lurah Wale La Ode Sudarna,SH dan Bhabinkamtibmas Kel Wale IPDA Rustan R sudah melakukan peneguran kepada warga yang masih tinggal di Kawasan kolam lingkungan pantai kamali tersebut. Dan apabila tidak membongkar sendiri bangunannya  maka tim dari Pemkot Baubau yakni ( Satpol  PP dan Dinas PUPR Kota Baubau  akan melakukan pembongkaran pada tanggal 5 Desember 2023 mendatang.


Menurut La Ode Muh Takdir, sosialisasi dan peneguran kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kolam pantai kamali adalah dalam rangka pelaksanaan 8 (delapan) program Pembangunan infrastruktur Kota Baubau pada tahun 2024 yang salah satunya adalah penataan Kawasan Pantai Kamali.


“Dalam kegiatan tersebut Lurah Wale La Ode Sudarna, SH menyampaikan kembali untuk melakukan pembongkaran secara mandiri berhubung pada hari  Selasa 5 Desember 2023 akan di lakukan penertiban/pembongkaran oleh Satpol PP dan instansi teknis, dan pada kegiatan sosialisasi/himbauan tersebut pihak Kelurahan Wale sekaligus memberikan surat teguran kedua untuk warga di tempat tersebut,”ujarnya.


Ditambahkan, penertiban dan peneguran kepada masyarakat di pinggir kolam pantai kamali berakhir dalam situasi yang aman dan tertib dan masyarakat berencana akan membongkar sendiri rumah yang sudah dibangunnya tersebut sebelum jadwal yang ditetapkan oleh Pemkot Baubau.