Pemkot Baubau Umumkan Kelurahan Terbersih dan Terkotor

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau membuat inovasi baru yakni lomba kelurahan terbersih dan terkotor. Bahkan, untuk pemenang kelurahan terbersih dan terkotor langsung di umumkan dalam upacara hari kesadaran nasional tingkat Kota Baubau di halaman kantor Wali Kota Baubau Palagimata Senin (19/2/2024) oleh Asisten II Setda Kota Baubau Dra Hj Asmahani, M.Si.

Menurut Dra Hj Asmahani, lomba kebersihan antar kelurahan se Kota Baubau periode 1 Januari sampai dengan 17 Februari 2024 sebagai pemenang  Kelurahan terbersih yaitu Kelurahan Karing-Karing Kecamatan Bungi, Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Batupoaro dan Kelurahan Baadia Kecamatan Murhum. 


Sedangkan yang masuk kategori Kelurahan terkotor pada periode 1 Januari sampai dengan 17 Februari 2024 yakni Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio, Kelurahan Tomba Kecamatan Wolio dan Kelurahan Wameo Kecamatan Batupoaro.


Dra Hj Asmahani menjelaskan, Kelurahan Karing-Karing meraih inovasi juara 1 Kelurahan terbersih, karena melakukan pengumpulan dan pilihan sampah menggunakan karung bekas yang kemudian diserahkan kepada petugas sampah sesuai dengan pembuangan sampai disetiap harinya. 


Kemudian, Kelurahan Bone-Bone dengan inovasi melakukan pembuangan sampah sesuai dengan jam pembuangan sampai setiap hari sehingga tidak ada sampah di tempat pembuangan sampah. Serta Kelurahan Baadia melakukan inovasi dengan melakukan pembuangan sampai sesuai dengan jam pembuangan sampah sehingga tempat pembuangan sampai menjadi kosong diluar jam pembuangan sampah.


Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Asisten II Setda Kota Baubau Dra Hj Asmahani, M.Si meminta realisasi kegiatan diharapkan dilaporkan per Minggu setiap hari Jumat, pada Bagian Pembangunan Setda Kota Baubau, Kemudian, kepada OPD yang memiliki kegiatan belanja modal agar segera mempercepat aksi percepatannya.  


Disamping itu juga, untuk laporan aset kendaraan dinas, masih banyak yang belum melengkapi administrasinya sehingga diharapkan segera dilaporkan kepada BPK melalui bidang aset disetiap hari kerja.


Hal yang terpenting adalah agar OPD yang terkait dengan tim penanggulangan inflasi daerah agar segera berpartisipasi penuh dalam percepatan penurunan angka inflasi di Kota Baubau.


Foto/Peliput              : SAMSUDIN

Editor                            : ELIM MARIAMA

Redaktur                     : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU