Dr Muh Rasman: Generasi Muda Harus Miliki Daya Adaptasi Tertinggi

PPID UTAMA BAUBAU---Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat membuka lomba kreasi baris berbaris Wali Kota  Cup I tingkat Kota Baubau di Lippo Plaza Baubau Rabu (21/2/2024) mengatakan, membangun generasi muda, membangun sumber daya manusia bukan hanya mempersiapkan orang-orang yang pintar, mempersiapkan anak-anak yang tinggi besar dan kuat tetapi dalam mempersiapkan generasi manusia untuk 20, 50, bahkan 100 tahun ke depan membutuhkan generasi yang memiliki daya adaptasi tertinggi.


Menurutnya orang nomor satu di Kota Baubau ini, Daya adaptasi bisa dibentuk dari hal-hal keseharian yang dilaksanakan, seperti halnya Baris berbaris paling tidak ada 3 hal yang akan memperkuat seorang generasi ke depan. Pertama, kemampuan dalam mengendalikan diri, karena dalam baris berbaris itu walaupun dia tinggi besar dan bagus gerakannya tetapi kalau dia hanya tampil sendiri akan merusak barisannya. "Jadi pointnya adalah kita jangan berlebih atau kurang tetapi kita harus selaras dengan anggota kita yang lain,"ujarnya.


 Kedua, baris berbaris akan menumbuhkan rasa percaya diri. Sebab, baris berbaris akan membentuk kepercayaan diri seorang generasi. Dan yang terakhir, baris berbaris juga akan menumbuhkan kemampuan generasi untuk melakukan kerja sama membangun sebuah tim yang kuat. 


"Sering saya sampaikan diberbagai pertemuan, tim akan kuat terletak pada anggota tim yang terlemah. Anggota tim yang terlemah itu siapa? Ialah anggota tim yang tidak disiplin, yang tidak bisa beradaptasi atau anggota tim yang egois,"tuturnya


Dr Muh Rasman memberikan apresiasi kepada panitia Purna Paskibraka yang sudah menginisiasi acara ini dan inilah langkah awal guna menyiapkan generasi. Dan inilah kesempatan buat anak-anak untuk membangun kemampuan dirinya, membangun kompetensi dan kapabilitas dirinya dalam menyongsong cita-citanya yang lebih baik ke depan.


 Kaban Kesbangpol Kota Baubau Drs Muh Amaluddin, M.Si dalam kesempatan yang sama menjelaskan, lomba kreasi baris berbaris (LKBB) Wali Kota Cup 1 tingkat Kota Baubau diikuti peserta dari tingkat SD sampai tingkat SMA.

Foto/Peliput           : ANJAR

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                 : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU