Jelang Ramadhan, Pemkot Baubau Senantiasa Antisipasi Lonjakan Harga

PPID UTAMA BAUBAU---Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Perdagangan  dan Perindustrian (Perindag) terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat di beberapa pasar dalam wilayah Kota Baubau. Apalagi, menjelang bulan suci Ramadan tahun 2024 ini, Perindag setiap saat memantau dan jika terjadi lonjakan harga terhadap beberapa bahan kebutuhan pokok langsung dilakukan antisipasi agar lonjakan harga bisa dikendalikan.


Demikian dikatkan Kadis Perindag Kota Baubau H La Ode Ali Hasan, SE, M.Si ketika ditemui Selasa (27/2/2024). Menurutnya berdasarkan pemantauan Dinas Perindag Kota Baubau di setiap pasar yang ada di Kota Baubau terutama menjelang bulan Ramadan, kebutuhan pokok terutama gula,minyak goreng dan yang lainnya masih di kondisi aman dan terkendali . Hanya saja ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga terutama beras yang memang dari asalnya mengalami kenaikan sehingga dampaknya terjadi di Baubau.


“Kami setiap saat melakukan pemantauan dan mengendalikan harga di pasar agar tidak terjadi lonjakan atau kenaikan harga terutama saat memasuki bulan suci Ramadhan dan Idul fFtri yang akan datang  dan memastikan bagaimana stok,bagaiamana distribusi dan harga-harga di pasaran,”ujarnya.


H Ali Hasan optimis kesiapan bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan lebaran Idul Fitri nanti dari segi stok, akan tercukupi terutama beras. Bahkan pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak distributor, terkait stok masih ada di gudang berkisar 1500 ton untuk beras premium.


Sedangkan, untuk pasar murah yang selalu digelar Pemkot Baubau akan  terus berlanjut. “Mulai hari ini Senin (27/2/2024)  sampai memasuki bulan Ramadhan kita berupaya menangani inflasi melaksanakan operasi pasar murah dan melaksanakan sidak pasar di distributor. Kerja sama antar daerah, gerakan menanam bersama Dinas Pertanian terus dilakukan termasuk kami sementara ini akan  merealisasikan anggaran APBD yang ada di Dinas Perindag,”tutupnya.

Foto/Peliput           : ZIZI

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                  : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU