Disnaker Baubau Seleksi Ketat Tenaga Magang

PPID UTAMA BAUBAU---Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau kini telah melakukan proses penerimaan open recruitmen pemagangan dalam negeri dan kini sudah memasuki tahapan seleksi berkas  pelamar yang akan ikut dalam open recruitmen pemagangan dalam negeri tersebut. 


Untuk tahapan seleksi ini, Disnaker  melakukan seleksi ketat terhadap pelamar yang akan magang di beberapa Perusahaan di Baubau.


Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau Mohamat Abduh, STP, M.Si ketika ditemui di ruang kerjanya Selasa (26/2/2024).


Menurut Mohamat Abduh, dari sekian pelamar yang akan mengikuti program ini akan diterima 30 orang. 



“Jadi itu yang kita seleksi tergantung dari bidangnya masing-masing. Jadi nanti kita tanya perusahaan-perusahaan itu butuh berapa tenaga magang untuk bisa ditempatkan disana, misalnya Matahari butuh 6 orang, Faga Husada misalkan butuh 8 orang tenaga bidan, atau misalnya Hotel Zenith butuh 2 orang untuk front office. Sesuai job yang kira-kira mereka bisa menempatkan untuk anak-anak magang,”ungkapnya. 


Ditambahkan, program pemagangan ini diperuntukkan bagi tenaga-tenaga muda yang baru selesai kuliah yang belum mendapatkan pekerjaan akan diperkenalkan untuk masuk di dunia kerja ini.


 “Syukur syukur misalkan selesai mereka magang selama 3 bulan mereka langsung direkrut. Ini banyak contoh, seperti di Faga Husada kemarin begitu mereka selesai masa magangnya mereka langsung direkrut jadi pegawai. Rata-rata dari total peserta program pemagangan itu, sekitar 30-40 persen langsung diserap dunia kerja melalui penilaian di perusahaan tempat mereka magang.”ujarnya.


Selain dikenalkan dengan dunia kerja Disnaker akan membiayai  transport peserta dan mentornya diberikan honor.

Foto/Peliput           : ANJAR

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                  : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU