Pemkot Baubau Dukung Festival UMKM Ramadhan 2024

PPID UTAMA BAUBAU--Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau memberikan dukungan penuh pada Festival UMKM Ramadan tahun 2024. Bahkan, untuk UMKM apabila ada rencana untuk melaksanakan kegiatan seperti ini setelah ramadan tidak harus dari APBD bisa jadi inisiasi dari UMKM.


Sedangkan tugas Pemkot Baubau mencarikan dan menfasilitasi agar segera terlaksana.

"Karena ini kerjasama maka  harus bekerja bersama jangan sampai ada unsur yang mau bekerja bersama yang hanya diam dan menunggu karena kita bekerja bersama maka semuanya harus bekerja,"ungkap Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si.


Dr Muh Rasman Manafi berharap usaha kecil menengah Kota Baubau yang dibina UMKM tidak boleh berhenti. Ciptakan selalu event-event, jangan bergantung nanti ada anggaran APBD baru bisa berjalan, agar sepanjang tahun dan aktifitas UMKM di Kota Baubau, bisa dalam bentuk transaksi yang terjadi ukurannya dan bisa dalam bentuk apresiasi.


Di Pemkot Baubau kata Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi akan  memberikan apresiasi, mungkin bagi orang tertentu apresiasi itu harus dalam bentuk uang, akan tetapi bagi teman-teman ekonomi kreatif apresiasi itu bisa dalam bentuk penghargaan dari Pemkot Baubau dan itu bisa dilakukan dan terus kembangkan itu tidak boleh putus, jangan hanya dalam momen ramadhan harus setiap bulan lakukan hal itu. Dan jika lakukan hal itu selama 1 tahun maka lingkungan usaha kecil menengah di Kota Baubau itu pasti berkembang. 


"Jadi saya titip untuk Kadis Koperasi UMKM tidak harus ramadan baru bisa berkreasi, kalau bisa setiap bulan ciptakan dan inovasikan nanti bila butuh dukungan lintas dinas sampaikan saat rapat bersama dinas-dinas. Jadi saya menghimbau kepada UMKM yang hadir tetap semangat dan apabila ada ide maka diskusikan,,"katanya.


Ditambahkan, festival UMKM Ramadan 2024 merupakan kegiatan yang diselenggarakan yang bekerja sama dengan UMKM dan juga ada sponsor. Oleh karena itu, dengan adanya kerjasama pasti suasananya itu ada keakraban dan juga bekerja sama ada pasti ada tujuan bersama agar ekonomi usaha menengah di Kota Baubau itu bisa hidup dan bisa bergerak itu tujuan Pemkot Baubau.


Sementara itu, Kadis Koperasi Kota Baubau Aliman SE, M.Si menjelaskan, Festival UMKM Ramadan tahun 2024  bersumber dari APBD Kota Baubau melalui daftar anggaran Dinas Koperasi tahun 2024. Dan ebih dari 30 pelaku UMKM yang datang berjualan dan akan dilaksanakan 3 hari mulai dari 23 Maret sampai dengan hari Senin 25 Maret 2024. Pihaknya berharap bahwa dari kegiatan ini bisa meningkatkan omzet dari para pelaku UMKM itu akan meningkat, tahun lalu itu berada dikisaran Rp 700 ribu tentu saja saat ini pendapatan perhari diharapkan Rp 1juta. Dan ini bisa dicapai apalagi ini letaknya sangat strategis.

Foto/Peliput           : ANJAR/SAMSUDIN

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                  : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU