TPID Rutin Pantau Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Distributor dan Pelabuhan

PPID UTAMA BAUBAU---Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Baubau dipimpin Asisten II Setda Kota Baubau Dra Hj Asmahani, M.Si, bersama perwakilan Forkompinda, Bulog Baubau, Kadis Perdagin Kota Baubau, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabag Perekonomian Setda Kota Baubau melakukan pemantuan stok dan harga kebutuhan pokok di sejumlah distributor dan Pelabuhan murhum Baubau Jumat siang (3/5/2024).

Menurut Kadis Perdagin Kota Baubau H La Ode Ali Hasan, SE, M.Si, pemantauan terhadap kebutuhan pokok masyarakat yang dilakukan oleh TPID Kota Baubau selalu rutin pada semua distributor, pasar dan di semua tempat termasuk di gudang distributor. Gudang Bulog dan  gudang distributor juga dipantau untuk memastikan ketersediaan stok beras. 

”Hasil pemantauan kami sampai hari ini setelah kami melakukan pemantauan di pelabuhan dan barang yang masuk cukup banyak dan untuk memastikan stok di gudang kami juga sudah memantau diantaranya di jembatan batu dan beberapa gudang distributor lainnya bersama tim satgas pangan dan tim pengendali inflasi daerah Kota Baubau,”ujarnya.

Mengenai stok atau ketersedian bahan pokok tambahnya seperti beras masih cukup banyak dan sampai 2 bulan kedepan masih aman. Termasuk kebutuhan pokok yang lainnya yang ada di pasar masih cukup banyak seperti sayuran yang baru masuk.

Hanya saja kata H La Ode Ali Hasan, ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti tomat dan bawang merah, bawang putih belum ada perubahan masih sama seperti harga sebelumnya.

Sementara itu, salah seorang distributor Buton Abadi La Ode Muh. Safei Ali jJanah mengakui, ketersedian beras di tokonya saat ini stok dikisaran 15 sampai 20 ton dan Minggu ini akan masuk lagi sekitar 20 ton sehingga untuk stok beras sampai 2 bulan kedepan masih aman dan untuk harga sudah terjadi penurunan harga dari sebelum lebaran itu sangat tinggi sudah mulai turun dan sekarang kisaran harga dari 600 ribu sampai 650 ribu per 50 kg atau di kg nya itu diharga 12000 per Kg,

Foto/Peliput           : SAMSUDIN

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                  : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU