Dinas Damkar dan Penyelamatan Persiapkan SDM Pelatihan Pusdiklatkar di Ciracas

PPID UTAMA BAUBAU---Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Baubau terus menggenjot peningkatakn kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di instansinya. Bahkan, teranyar terkait peningkatan kapasitas pasukan akan mengikutsertakan pasukannya untuk pelatihan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar) Ciracas Jakarta.

Hal ini diungkapkan Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau Muh Massad, SE, M.Si ketika ditemui di Mako Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau Kamis (25/4/2024).

Menurut Muh Massad, tahun 2024 sangat strategis karena ada kebijakan dari pusat yang menginstruksikan membuka  penerimaan PPPK dan ASN. Oleh Damkar sejak tahun 2023 dan membuat perencanaan di 2024, salah satu hal yang perlu disiapkan adalah SDM dari PTT atau Honorer itu harus disiapkan kebutuhannya salah satunya sertifikat keahlian yang ketika itu diminta sebagai syarat mutlak untuk dihadirkan sebagai syarat rekrutmen PPPK.

Tim Kota Baubau harus mempersiapkan diri mengikuti pelatihan keahlian Pemadam tingkat 1 di Ciracas, Jakarta. ”Memang waktunya singkat tetapi yang memberikan sertifikasi itu dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar) di Ciracas yang merupakan badan diklat yang dimiliki oleh Pemprov Jakarta. Pusdiklatkar itu merupakan salah satu tempat yang dinyatakan terakreditasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Jadi pasukan ini selalu melakukan persiapan latihan fisik untuk persiapan pelatihan disana. Sebanyak 20 orang anggota yang akan dikirim kesana. Kami dahulukan pekerja-pekerja yang sudah lama mengabdi disini bukan berarti yang baru ini tidak dapat mengikuti seleksi PPPK. Ini kita hanya mengantisipasi semua persoalan,”ujarnya.

Ditambahkan, Untuk persiapan, mereka dikawal langsung oleh para pejabat fungsional analis. Mereka ini bekerja untuk mengawasi olahraga fisik, kemampuan kemampuan fisik yang pernah mereka lalui dulu untuk diviruskan kepada 20 orang ini sehingga mereka ini tidak kaget dalam melakukan olah fisik atau belajar di kelas nantinya. Ini semua diakukan atas asas kebersamaan artinya mereka sadar bahwa dengan kebersamaan akan semakin tangguh untuk maju menuju Damkar mantap dalam perubahan Kota Baubau. 

Muh Massad berharap, dengan adanya peningkatan kapasitas ini bahwa Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau ini mampu mengakselerasi layanan 100 persen. Dan saat ini Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau baru menjangkau layanannya sebesar 92 persen, minus pelayanan warga yang ada di Kecamatan Sorawolio. Sebanyak 7 persen lebih warga yang ada di Sorawolio. Oleh sebab itu, secepatnya oleh Pemkot Baubau dan warga yang ada di wilayah Sorawolio dalam memfasilitasi keberadaan pos dan layanan Damkar Kota Baubau di Sorawolio. Tujuannya agar secara paripurna Damkar Kota Baubau mampu melakukan layanan secara 100 persen terhadap seluruh warga yang ada di Kota Baubau.

Foto/Peliput           : ANJAR

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                  : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU