Melalui Bimbingan Manasik Haji, Calhaj Baubau Lebih Siap dan Percaya Diri

PPID UTAMA BAUBAU---Melalui bimbingan manasik, jamaah Calon Haji (Calhaj) Kota Baubau  akan menjadi lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan ibadah haji. Mereka akan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang tata cara dan hikmah ibadah haji, serta kesiapan fisik, karena ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat dalam melaksanakan perjalanan tersebut. 

Demikian dikatakan Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si pada di kegiatan Penutupan Manasik Haji tahun 2024 Kamis (29/4/2024) di Kantor Kementrian Agama Kota Baubau. 

Menurut Dr Muh Rasman Manafi,  seluruh jamaah Calhaj Kota Baubau agar terus meningkatkan pengetahuan tentang ibadah haji dan selalu menjaga kesehatan, agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna dan dapat meraih predikat haji yang mabrur.

Sementara itu, terkait Halal bi halal Idul fitri yang digelar bersamaan dengan manasik Calhaj Kota Baubau Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi mengakui merupakan salah satu bentuk perayaan keagamaan yang lahir dari tradisi luhur budaya bangsa indonesia yang bernilai positif. Halal bihalal dan Idul Fitri memiliki kaitan yang erat. Idulfitri bermakna kembali suci, dan halal bihalal menjadi pelengkap untuk membersihkan diri dari dosa-dosa, terutama kepada sesama manusia, karena ibadah 1 (satu) bulan penuh di bulan ramadhan yang dilakukan.

Tidak akan berarti apabila tidak diiringi dengan hubungan baik sesama manusia. Oleh karena itu, marilah  maknai halal bi halal ini bukan hanya sebagai acara seremonial biasa, namun pada hakikat penting yakni berlapang dada menerima semua keberagaman dan perbedaan, saling memaafkan setulus hati agar dapat mengikis habis segala bentuk permasalahan, baik pribadi, keluarga, golongan, sosial, maupun politik.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini berharap semangat kegembiraan dan kebersamaan pada acara halal bi halal ini semakin menjadi pemicu dan pemacu semua untuk kembali bangkit dan bekerja bersama mewujudkan percepatan pembangunan demi terwujudnya Kota Baubau sebagai kota perdagangan dan pelayanan jasa yang nyaman, sejahtera dan berbudaya" di bawah ridha Allah SWT.

 Disamping itu, dapat menjadi momentum dalam  meningkatkan hubungan silaturahim, untuk tingkatkan sinergi pemerintah, kementerian agama beserta jajarannya, jamaah calon haji dan tokoh lintas agama untuk kemajuan Kota Baubau.

Foto/Peliput           : ANJAR

Editor                       : ELIM MARIAMA

Redaktur                  : MUH SAID IDU

Penanggungjawab : PPID UTAMA BAUBAU