Pj Wali Kota Baubau Kirim ASN Pemkot Pelatihan ke Tiongkok

PPID UTAMA BAUBAU---Kepedulian Pj Walli Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si meingkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga strategi tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau begitu besar. 

Hal ini dibuktikan dengan mengirimkan 2 (dua) orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Baubau untuk mengikuti pelatihan terkait Pelaksanaan Pelatihan Kejuruan Dalam Sektor Industri (ToT) tahun 2024 di Tiongkok. 

Program itu bermula dari tindaklanjut surat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Nomor : 28/D3.4/MARVES/IT.04.02/IV/2024 Jakarta, 18 April 2024 perihal  permohonan dukungan pelaksanaan pelatihan kejuruan dalam sektor industri (Training of Trainer). 

Saat ini ungkap Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, telah terdaftar 120 peserta dari 58 Institusi termasuk Kota Baubau untuk mengikuti pelatihan dalam 4 (empat) topik pelatihan. Adapun topik pelatihan antara lain IoT, Big Data, and AI Application for Tourism and Creative Economy, Material Science and Battery Manufacturing, Pharmaceuticals & Biotechnology, Precision Agriculture yang akan dilaksanakan di Suzhou Industrial Park Institute of Vocational Technology. 

Penyelenggaraan pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei – 1 Juni 2024 di Suzhou Industrial Park Institute of Vocational Technology.

Pemkot Baubau melalui Pelaksana Harian Sekda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si sudah mengirimkan surat kepada Plt. Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI perihal surat pengantar pelatihan ToT 2024. Sedangkan nama ASN yang dikirim mengikuti pelatihan di Tiongkok adalah Dr Lukman, SPPD Kadis Kesehatan Kota Baubau  dan Jeihan Suarni, S.Tt Par yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diinas Pariwisata Kota Baubau.